5 Perusahaan yang menerapkan E-commerce serta masing-masing kekuatan-kelemahan dan peluang-ancaman yang dihadapi oleh perusahaan tersebut dalam penerapan E-commerce
Nama : I Putu Ady Oktaf Widhiantara
NIM : 16110131222
Progdi :
ManajemenKeuangan
Kelas : Ekstensi - MP.F/6
MK : E-commerce
- Carilah 5 buah perusahaan yang sudah menerapkan E-commerce
- Sebutkan masing-masing kekuatan-kelemahan, dan peluang-ancaman yang dihadapi oleh perusahaan tersebut dalam penerapan E-commerce
·
5 Perusahaan yang Sudah Menerapkan
E-commerce
1.
Carrefour
Contoh penerapan e-commerce ini pada
perusahaan ritel yaitu Carrefour, bagaimana Carrefour ikut memanfaatkan
internet untuk mendukung kegiatan bisnis mereka. Carrefour memiliki web pribadi
yang berisi tentang perusahaan mereka dan juga data-data atau produk apa yang
mereka tawarkan serta adanya informasi-informasi seperti diskon atau
promo-promo lainnya, disamping itu juga Carrefour menyiapkan pelayanan pesan antar
bagi para pelanggannya untuk mengakses atau berbelanja via online. Sistem
pembayaran yang Carrefour tawarkan dengan e-commerce hampir sama dengan pada
umumnya yaitu menggunakan credit card dan dengan keamanan yang terjaga dan aman
dari tindakan criminal.
2.
Blibli.com
Tidak sekadar berjualan, situs
ini menawarkan jasa informasi bisnis, interaksi pengguna, hingga iklan. Hingga
saat ini, udah tercatat 200 pedagang atau merchant yang sudah bergabung di
blibli.com. Beberapa di antaranya merk terkenal, seperti toko ponsel Erafone,
gerai motor dan apparel Harley Davidson, distro Surfer Girl, dan Batik
Danarhadi. Untuk metode pembayarannya, blibli.com hanya menerima kartu kredit
dari dua bank, yakni Bank Central Asia dan Bank Mandiri. Pengiriman barang
dilakukan oleh beberapa perusahaan logistik, seperti NCS, RPX, dan JNE.
3.
Rakuten.co.id
Perusahaan
ini memiliki acara-acara non-formal yang digunakan untuk mendekatkan pihak
manajemen dengan para karyawannya. Misalnya dengan mengadakan acara pesta ulang
tahun setiap bulan dan makan-makan di hari tertentu. Para karyawan pun
mengikuti pelatihan skala internasional yaitu pergi ke Jepang dengan skala
global.
Rakuten.co.id lebih banyak
menginvestasikan uang dalam jumlah besar ke dalam system canggih yang dikenal
dengan nama Global E-commerce Platform sehingga menunjang operasional
perusahaan yang berbasis internet ini
4.
LAZADA
Salah
satu contoh dari perusahaan yang menggunakan E-commerce adalah Lazada
Indonesia. Lazada Indonesia (www.lazada.co.id) lebih berfokus kepada tipe
e-commerce B2C atau Business to Customer karena tujuan utama perusahaan adalah
menyerap customer individu yang melakukan transaksi di situs mereka. Dalam
Business to Customer akan lebih terfokus bagaimana mekanisme dasar bagi pembeli
untuk mengakses perusahaan tersebut di dalam sebuah web yang sudah disediakan
oleh perusahaan. Setelah itu bagaimana pelayanan situs tersebut dan yang paling
rumit adalah bagaimana menciptakan tantangan utama untuk penjualan. E-commerce
memberikan pengalaman berbelanja yang sesungguhnya dengan dapat membeli dari
rumah dan dapat dilakukan selama 24 jam dalamsehari, 7 hari dalam seminggu.
5.
Gramedia
Online
Gramedia
merupakan salah satu toko buku terbesar di Indonesia. Sekarang melayani
penjualan buku dengan cara e-commerce (secara online). Kategori yang ditawarkan
secara online juga beragam, fiksi, nonfiksi, buku anak-anak, buku masak dll.
Bisnis penjualan buku secara online ini sepertinya akan menjadi bisnis yang
menjanjikan di masa mendatang. Mengingat besarnya jumlah penduduk dan semakin
banyaknya pengguna internet di Indonesia. Didukung dengan infrastruktur
internet yang semakin baik dari waktu ke waktu.
Memang pada umumnya masyarakat Indonesia masih ingin melihat dan memegang barang sebelum membelinya. Tetapi memang diperlukan waktu agar mereka terbiasa dengan pembelian buku secara online. Sepertinya nantinya masyarakat akan terbiasa dengan melakukan transaksi secara online seperti ini.
Dengan menerapkan e-commerce, maka mereka dapat mengurangi cost yang dipakai untuk toko gramedia, terutama pegawai dan luas wilayah yang dibutuhkan.
Mereka juga dapat meningkatkan penjualan, karena lebih mudah dalam pemesanan.
Pembelanjaan secara online mempermudah mereka yang tidak mempunyai waktu. Pencarian yang dilakukan juga terkadang lebih mudah, customer juga tidak akan membuang effort yang banyak jika ternyata buku yang dicari tidak tersedia. Karena mereka cukup melakukan pencarian secara online. Bayangkan jika mereka harus mendatangi toko gramedia terdekat untuk mencari buku tertentu, dan ternyata buku tersebut out of stock.`
Memang pada umumnya masyarakat Indonesia masih ingin melihat dan memegang barang sebelum membelinya. Tetapi memang diperlukan waktu agar mereka terbiasa dengan pembelian buku secara online. Sepertinya nantinya masyarakat akan terbiasa dengan melakukan transaksi secara online seperti ini.
Dengan menerapkan e-commerce, maka mereka dapat mengurangi cost yang dipakai untuk toko gramedia, terutama pegawai dan luas wilayah yang dibutuhkan.
Mereka juga dapat meningkatkan penjualan, karena lebih mudah dalam pemesanan.
Pembelanjaan secara online mempermudah mereka yang tidak mempunyai waktu. Pencarian yang dilakukan juga terkadang lebih mudah, customer juga tidak akan membuang effort yang banyak jika ternyata buku yang dicari tidak tersedia. Karena mereka cukup melakukan pencarian secara online. Bayangkan jika mereka harus mendatangi toko gramedia terdekat untuk mencari buku tertentu, dan ternyata buku tersebut out of stock.`
·
Kekuatan-Kelemahan, dan
Peluang-Ancaman yang Dihadapi oleh Perusahaan Tersebut dalam Penerapan
E-commerce
1.
Carrefour
a.
Kekuatan
1. Pemimpin pasar( Market Leader)
2. Keberanian untuk memasukan
pasar yang disuport oleh partner joint venture
3. Kualitas toko yang tinggi dengan
didasarkan pada basis pelanggan yang cukup besar
4. Bisnis retail terbesar kedua di
dunia dan bisnis retail terbanyak secara international
5. Merk yang kuat diberbagai segmen
pasar
6. Pemimpin dunia didalam bisnis
hypermarket
7. Perkembangan e-commerce yang menjadi
trend saat ini
b. Kelemahan
1. Permintaan yang besar tergantung pada pasar
2. Kurang memperhatikan aspek etika bisnis yang telah
ditetapkan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha)
c. Peluang
1. Memperluas area produk
dan pelayanan melalui diperluasnya area layanan produk
2. Pertumbuhan penduduk mengakibatkan meningkatnya
kebutuhan akan mengkonsumsi barang secara instant
d. Ancaman
1. Yang ancaman pasarnya tidak dapat mendukung lebih
banyak outlet
2. Krisis ekonomi global menyebabkan penurunan
transaksi perdagangan
3. Tidak diketahuinya pajak yang ditetapkan oleh tiap
barang karena pajak dibebankan kepada perusahaan.
4. Kerugian kompetitif yang diakibatkan oleh munculnya
berbagai macam retail-retail bar
2. Blibli.com
a. Kekuatan
1. Kekuatan :
a. Kekuatan
Berikut
adalah kelebihan dan kekurangan jual beli online melalui blibli.com:
a) Tak sekadar berjualan, situs ini
menawarkan jasa informasi bisnis, interaksi pengguna, hingga iklan.
b) Situs Online Shopping ini,
telah memakai sistem keamanan yang sudah mendapat sertifikasi dari
VeriSign (merupakan sistem standar keamanan transaksi online di dunia, serta
mitra perbankan yang terpercaya diseluruh dunia).
c) Situs Blibli.com ini
memposisikan dirinya sebagai social e-commerce, yang mengusung tagline
“assisting customer assisting customer”, Yang artinya adalah Situs
Blibli.com membantu si pelanggan agar pelanggan tersebut dapat membantu
pelanggan lainnya.
d) Situs Blibli.com ingin
menempatkan dirinya sebagai sahabat bagi para pelanggan yang memberikan
saran-saran terbaik dari para member yang dianggap oleh Situs Blibli.com ini
dengan sebutan “friends”.
e) Sebagai online mall, Blibli.com juga
mencoba menawarkan berbagai kemudahan bagi para pelanggan.
f) Dalam proses pembelian dan
pembayaran, pelanggan juga selalu diberi kesempatan untuk mengonfirmasi kembali
keputusannya untuk membeli. Kemudian ketika barang sedang kosong atau habis
(out of stock), akan ada informasi kapan stok barang datang lagi. Dengan
demikian pelanggan tidak putus asa dan berpindah ke “toko sebelah”.
b. Kelemahan
b. Kelemahan
Untuk
metode pembayarannya, blibli.com hanya menerima kartu kredit dari dua bank, yakni
Bank Central Asia dan Bank Mandiri.
- Peluang
E-commerce
tumbuh dan berkembang dibanyak belahan dunia. Asia dan Pasifik juga sepertiga
dari negara-negara berkembang sudah banyak yang menggunakan internet. Jumlah
pengguna internet juga terus tumbuh. Sebagian besar pertumbuhan ini berasal
dari Asia, Amerika latin dan belahan Eropa. Oleh karena itu e-commerce sangat
menguntungkan toko-toko online yang sudah menjamur di Indonesia ini, contohnya
blibli.com.
- Ancaman
Rendahnya
hambatan masuk antar negara-negara akan menyebabkan banyak pesaing-pesaing di
perusahaan internet. Banyak muncul perusahaan-perusahaan internet didunia
ketiga (negara berkembang) akan menyebabkan banyak menimbulkan pesaing-pesaing.
Pesing terbesar yang ada di dunia internet adalah Wall mart yang merupakan
perintel terbesar di dunia.
Tokobagus
sendiri merupakan pesaing bagi blibli.com, Tokobagus ini merupakan sebuah situs
dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa.
Tokobagus juga merupakan search engine friendly, yang berarti tidak hanya
pengunjung dari Tokobagus yang akan menemukan iklan anda tetapi juga
orang-orang yang mencari produk atau jasa dengan menggunakan search engine
seperti Google juga akan menemukan iklan-iklan anda. Karena strategi yang kuat
dan media publikasi yang besar kini Tokobagus telah mempunyai lebih dari
100.000 pengunjung setiap hari.
3.
Rakuten.co.id 1. Kekuatan :
a. Kekuatan pada rakuten.co.id adalah
kelengkapan segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh tiap orang. Mulai dari
kebutuhan primer sampai kebutuhan tersier yang tidak memandang kalangan
manapun. Kemudahan dalam mengakses situs, pembelian, pembayaran, dan jelasnya
pengiriman barang membuat rakuten menjadi saingan yang berat bagi perusahaan
online yang lain.
b.
Dengan adanya penggolongan kategori produk yang dibutuhkan oleh konsumen
membuat orang awam yang
jarang menggunakan internet menjadi mudah menggunakannya.
c. Memiliki desain dan nama yang
menarik agar mudah diingat oleh orang-orang.
2.
Kelemahan :
a. Terlalu banyak iklan yang terdapat
dalam situs itu Sehingga membuat pelanggan bingung akan memilih suatu produk.
b. Pembayaran menggunakan kartu kredit yang sedikit peminatnya,
karena di Indonesia tidak banyak orang yang mempunyai kartu kredit.
3.
Peluang :
a. Dapat menembus pasar global
b. Bisa mengalahkan Bisnis offline
4. Ancaman :
a. Banyak situs online yang menjual
barang yang sama
b. Kebijakan pemerintah Indonesia yang berubah-ubah menjadi
ancaman dalam pengaturan strategi.
4. LAZADA
4. LAZADA
- Kekuatan :
Transaksi antara pembeli dan penjual dilakukan
secaracepat, mudah dan murah.
- Kelemahan :
Barang tidak bisa dipegang secara
langsung, kadang barang tersebut tidak sesuai dengan yang kita inginkan / beda
dengan yang ditampilkan
- Peluang :
Dapat menghasilkan produk baru yang
banyak diminati customer / permintaan dari customer, jika produk sesuai, bagus
dan memuaskan konsumen otomatis akan laris terjual
- Ancaman :
Dikhawatirkan adanya pembuatan
website palsu, persaingan harga, kualitas, persaingan secara global, tidak
adanya jaminan bahwa transaksi e-commerce terbebas dari upaya perusakan/pemanipulasian
data dan tentu akan berdampak pada berkembangnya aktivitas ekonomi.
5.
Gramedia
Online
a. Kekuatan
1.
Kekuatan
Gramedia yang pertama terletak pada kelengkapan produk yang tersedia, dengan
menyediakan produk yang beragam dan berkualitas maka Gramedia dapat memenuhi
kebutuhan para konsumen. Sehingga diharapkan kebutuhan konsumen yang beragam
dapat terpenuhi ketika mereka berbelanja di Gramedia
2.
Gramedia
juga berusaha menawarkan harga yang bersaing demi kepuasan para konsumen,
frekuensi pemberian diskon juga menjadi salah satu kekuatan, sebab tidak dapat
dipungkiri bahwa diskon menjadi daya tarik tersendiri.
3.
Citra
merek dan reputasi yang sangat baik, menurut Damanik (2010) hal ini dibuktikan
dengan gelar Top Brand Award 2010 yang berhasil dipertahankan
oleh GramediaBookstore. Top Brand Index (TBI) sebesar 78,1.
Berdasarkan index tersebut, merek Gramedia memang begitu lekat di hati masyarakat
sehingga sekitar 78,1% dari 2.400 responden di enam kota besar di Indonesia
memilih Gramedia sebagai merek paling top. Merek Gramedia menempati top
of mind di masyarakat, memiliki market share yang
tinggi, dan memiliki pelanggan dengan tingkat loyalitas yang tinggi.
b. Kelemahan
Pelayanan operasional online Gramedia
yang hanya terbatas pada hari Senin – Jumat, pukul 08.00 – 17.00 WIB saja.
Sehingga pada malam hari dan weekend, situs onlineGramedia
tersebut tidak beroperasi. Kondisi tersebut akan menyulitkan konsumen yang
ingin melakukan transaksi pada malam hari atau pada hari Sabtu atau Minggu,
misalnya seperti orang-orang yang sibuk dan tidak memiliki cukup waktu untuk
bertransaksi pada jam kerja.
c. Peluang
Dalam
era globalisasi sekarang ini, internet telah menjadi bagian dari setiap
kehidupan masyarakat, penggunaan internet secara positif mampu memberikan
banyak manfaat kepada penggunanya. Banyak informasi yang didapat dari internet,
bahkan internet juga telah dijadikan media bisnis seperti penjualan barang
secara online, dan juga media pembelajaran. Hal tersebut yang
kemudian menciptakan suatu produk yang disebut e-book atau electronic
book, yaitu buku yang berupa soft copy dan umumnya
berupa file PDF. E-book juga disebut paperless
book, karena penggunaannya harus melalui media ekektronik seperti computer, laptop,
atau notepad. Bisa dikatakan bahwa saat ini sudah banyak masyarakat
yang menggunakan e-book sebagai bahan bacaan mereka. Gramedia
Bookstore dalam situasi ini berpeluang untuk turut menyediakan e-book bagi
konsumennya, hal tersebut akan menjadi hal baru bagi Gramedia Bookstore,
sehingga tidak hanya menyediakan buku dalam bentuk hard copy, namun
juga menyediakan e-book.
d. Ancaman
Penjualan
buku melalui media internet kini juga telah marak di masyarakat. Meskipun
Gramedia Bookstore juga memiliki situs online, namun keberadaan
situs penjualan buku online lainnya juga dapat menjadi ancaman bagi Gramedia
Bookstore, seperti contohnya Amazon, Ebay, Kaskus, dll. Dalam hal ini Gramedia
Bookstore harus memiliki cara tertentu agar konsumen lebih memilih untuk
berbelanja di situs online Gramedia daripada situs lainnya, misalnya seperti
prosedur pembelian dan pembayaran yang mudah.
Situs
penjualan buku online yang telah disebutkan di atas tidak hanya menjual buku
namun e-book, sedangkan untuk saat ini Gramedia Bookstore belum
menyediakan produk berupa e-book. Tentu saja kondisi tersebut
menjadi ancaman bagi Gramedia Bookstore. Pihak manajemen perlu menerapkan
strategi yang baik dalam menyiasati setiap ancaman yang ada agar tidak timbul
kerugian.
Komentar
Posting Komentar